Kamis, 03 Juli 2008

Persiapan Menjelang TES TULIS


Persiapan mutlak diperlukan bagi siapa saja yang hendak mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) dan Psikotes. Persiapan ini penting bukan saja bagi kesiapan mental Anda, melainkan juga kesiapan'otak' Anda. Pastikan bahwa Anda telah mempersiapkan diri dengan baik.

Persiapan Menjelang TES TULIS
Sebelum Anda benar-benar mengerjakan tes yang sesungguhnya, karena ini adalah bagian dari proses seleksi dan rekrutmen kerja, sebaiknya Anda:
1. Berusaha keras mencari informasi sebanyak mungkin tentang tes rekrutmen itu. Ini dapat Anda lakukan dengan membeli buku-buku psikotes dan TPA untuk lebih mengenal tes yang sesungguhnya.
2. Carilah informasi dari teman-teman atau orang yang pernah mengikuti tes seleksi kerja mengenai jenis-jenis tes yang diujikan. Kalau bisa, mintalah contoh fotocopy tes-tes itu.
3. Istirahatlah dengan cukup pada malam sebelumnya. Istirahat sangat dibutuhkan agar Anda tidak kelelahan keesokan harinya. Anda akan 'kalah perang', jika Anda secara fisik sudah tidak siap.
4. Pastikan bahwa Anda sudah melihat lokasi dimana Anda akan mengikuti tes tersebut. Satu hari sebelumnya, cobalah untuk tidur di rumah teman yang dekat dengan lokasi itu atau carilah hotel/losmen yang berada di sekitar lokasi itu.
5. Pastikan bahwa Anda telah mempersiapkan segala alat tulis-menulis yang Anda butuhkan. juga kacamata atau alat pendengaran jika Anda mempunyai kesulitan dalam melihat atau mendengar.

Selamat Mencoba dan Semoga Sukses      

Tidak ada komentar: