Selasa, 25 November 2008

OBAT PATAH HATI

Kamu putus sama pacar kamu and badan rasanya lunglai
Seperti juga hati kamu yang hancur berkeping-keping.
Sambil berusaha meyakinkan diri kamu bahwa masih banyak
"someone" else yang lebih keren di dunia ini,
percepatlah proses penyembuhan dengan saran-saran membangun ini.


1. MENANGISLAH!
Angkat tinju tinggi-tinggi dan sesali diri: "Kok saya?". Jatuhkandiri ke lantai dan pukullah lantai dengan penuh perasaan: "Masa sihakhirnya hanya begini saja?" Kalau perlu, kamu mengamuk dan sambunglahdengan cucuran air mata sambil menangisi kejamnya perbuatan umatmanusia. Kalau kamu nggak bisa nangis, sewa film English Patient biarair mata mengalir deras.

2. BIARKAN KESEDIHAN MELANDA
Kamu boleh berduka cita. Ini lebih baik daripada memendam perasaan.Hanya saja, cobalah untuk tetap bersikap anggun. Jangan keliatan murungdi hadapannya. Berakting sedih seperti pemain sinetron tidak adapengaruhnya bagi orang lain.

3. CERITAKAN KESEDIHAN KAMU
pada teman dekat atau keluarga. Kalau kamu bilang nggak ada seorangpun yang memahami situasinya, kamu salah besar. Kita semua pernahmengalami trauma putus cinta, jadi kita semua mengerti dan inginmelupakannya. Tapi jangan muntahkan perasaanmu pada semua orang yangkamu temui. Asal tahu saja, banyak orang sering tidak peduli denganperasaan orang lain.

4. JANGAN KHAWATIR
jika dia bertingkah seolah-olah berhasil mengangkat 10 ton bebandari pundaknya. Pria membutuhkan waktu lebih lama untuk mengakui denganterus terang mengenai perasaannya. Cepat atau lambat dia akanmemperlihatkannya juga. Untuk sementara, kamu boleh ngerasa senang.

5. JAUHKAN DIRI KAMU DARINYA
kalau itu membuatmu merasa lega. Asal aja kamu ingat-ingat lagi sulitnya untuk berlagak cuek pada saat kamu lagi butuh.

6. IKUTLAH LATIHAN KEBUGARAN
Aliran endorfin akan menaikkan semangat kamu dan siapa tahukecengan cakep yang tersenyum lagi aerobik itu akan melambungkan hatikamu.

7. MULAILAH UNTUK MEMBACA BUKU
Susahnya kalau kehilangan kekasih adalah hilangnya seseorang untukdirangkul. Membaca buku bermutu sebelum tidur, ternyata merupakan caralebih ampuh.

8. NIKMATI BENDA-BENDA
yang dibenci dia semasa kamu masih bersamanya. Bakarlah minyakaromaterapi dengan bau yang keras, konsultasilah dengan psikolog,masaklah makanan vegetarian atau pakai pakaian yang kamu suka tanpatakut dikritik.

9. POTONGLAH RAMBUT KAMU
Secara simbolis memotang rambut berarti mengangkat beban dari pundak atau memulai sesuatu yang baru.

10. GANTI PARFUM KAMU
Kamu nggak memerlukan lagi bau-bauan yang biasanya mengingatkan kembali pada hari-hari yang indah bersamanya.

11. HABISKAN WAKTU BERSAMA TEMAN-TAMAN
Nikmatilah bergaul seperti masa-masa ABG dulu. Belief it, kamubakal ngerasa lebih tenang setelah mendengat cerita sedih yang jugadialami teman-teman.

12. BERSIKAPLAH ASEKSUAL
dan hindari lawan jenis untuk sementara waktu. Cara ini akanmelancarkan jalan kamu menuju ketenangan emosi. Tapi kalau kamu nggakbisa melupakan keinginan untuk bermesraan dengan sang mantan, anggapsaja itu hal yang biasa. Putus cinta sudah pasti membuat orang lebihrindu. Kalau akhirnya kamu bisa bertemu lagi, bukan pertanda andakembali menjalin hubungan yang sudah gagal itu.

13. BERPIKIRLAH SECARA MATANG
Yakinkan diri kamu kalau kejadian itu memang harus terjadi. Percayapada kemampuan diri sendiri, itulah cara untuk menyembuhkan perasaan.Luapan kegembiraan tidak harus selalu berakhir di pelaminan. Putuscinta memang menyakitkan, tetapi tidak separah perceraian.

14. BUATLAH DUA DAFTAR BERBEDA
Pada satu daftar, catatlah apa yang bikin kamu nggak bahagia dalamhubungan kalian. Kemudian, pada daftar satunya lagi, tuliskan apa yangkamu harapkan dari sebuah hubungan. Pakailah kedua daftar itu untukmembantu menghilangkan pola pikir negatif anda, yaitu adanya perasaandi tolak oleh si dia.

15. DENGARKAN
jika teman-teman baik membeberkan kekurangan-kekurangan mantan kamudan membantu kamu untuk memandang dia lebih realistis. Tetapi janganteruskan pembicaraan yang bersifat ‘penuh kebencian’.

16. GANTILAH
barang-barang di tempat tinggal kamu yang mengingatkan kamupadanya. Kalau tinggal berdekatan pindahlah sementara waktu kalauperlu. Singkirkan foto-fotonya. Berhenti mendengarkan lagu-lagu yangpernah kalian senangi. Ciptakan suasana baru dengan membeli CD baruyang nggak ada hubungannya dengan kenangan masa lalu.

17. GUNAKAN SEMUA KEKUATAN KAMU
untuk mempertahankan keputusanmu. Hati kamu mungkin hancur lebur,tapi akhirnya apa yang tampak seperti kekuatan dari luar akan menjadijalan keluar untuk penyembuhan di dalam diri kamu.

18. MANJAKAN DIRI KAMU
Kamu dipaksa berhenti untuk mikirin orang lain. So, kumpulin aja seluruh tenaga itu untuk diri sendiri.

19. LAWAN RASA TAKUT
Putus secara mendadak seperti dipaksa mengubah kebiasaan dengantiba-tiba. Biar nggak takut menghadapinya sadari aja kamu mendapatpengalaman baru akibat perubahan itu, yaitu pematangan emosi yangternyata bisa menguatkan watak.

20. CARILAH BANTUAN
Meskipun kamu udah berusaha sekuat tenaga dan segala upaya untukmenyembuhkan diri and tetep gagal, cobalah untuk berkonsultasi denganahlinya (Psikolog juga boleh!). Beberapa hal yang dapat membantu kamuuntuk bangkit lagi, adalah menerima saran obyektif dari seorang temanyang pendengar setia, ngobrol dengan teman-teman dan memusatkanperhatian agar sembuh dari sakit hati & kehilangan.

SEMOGA BERHASIL !!!

Tidak ada komentar: